KKN ITERA

""

               

10 Mahasiswa ITERA Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan KKN Kebangsaan & Bersama Di Universitas Palangkaraya


July 26th, 2022 | Posted by: Akza Noprian


KKN Kebangsaan & Bersama Tahun 2023 dilaksanakan di Universitas Palangkaraya. Institut Teknologi Sumatera mendelegasikan 10 mahasiswa untuk berpartisipasi selama kurang lebih satu bulan pelaksanaan. Tema KKN Kebangsaan & Bersama tahun ini adalah “Penerapan Falsafah Huma Betang Sebagai Perwujudan NKRI Untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional”. Mahasiswa dibentuk dalam satu kelompok yang berasal dari berbagai PT di Indonesia. Hal tersebut meningkatkan rasa sosial dan kerjasama bagi mahasiswa.

Dalam mendukung program kerja yang telah ditetapkan oleh Universitas Palangkaraya sebagai tuan rumah, berbagai kegiatan telah dilaksanakan, antara lain: membersihkan rumah ibadah di Kelurahan Mandomai, Kapuas Barat (Gambar 1); melakukan diskusi dengan pihak penyuluh pertanian tentang tata air mikro, identifikasi permasalahan petani, permasalahan lahan sawah, dan identifikasi keberadaan kelompok tani (Gambar 2); penyuluhan food estate dan membantu penanaman bibit (Gambar 3); ikut serta dalam rembug stunting dan rembug desa di Balai Desa Basarang Jaya (Gambar 4); penyuluhan SDG’s di SDN 2 Anjir Kalampan (Gambar 5); membantu kelompok PKK dalam persiapan Jambore dan 17 Agustus (Gambar 6); perbaikan fasilitas Sekolah Dasar Swasta Antang (Gambar 7).

tess

Gambar 1

Membersihkan Rumah Ibadah

Gambar 2

Gambar 2

Penyuluhan Pertanian

Gambar 3

Gambar 3

Penyuluhan Food Estate Dan Penanaman Bibit

Gambar 4

Gambar 4

Rembug Stunting

Gambar 5

Gambar 5

Penyuluhan SDG’s

Gambar 6

Gambar 6

Persiapan 17 Agustus Bersama Ibu-Ibu PKK

Gambar 7

Gambar 7

Perbaikan Fasilitas Sekolah Dasar Swasta Antang

tess Gambar 2 Gambar 3 Gambar 4 Gambar 5 Gambar 6 Gambar 7

Berbagai kegiatan pengabdian masyarakat tersebut melibatkan perangkat desa dan tokoh masyarakat. Melakukan interaksi langsung dengan masyarakat akan memberikan peluang bagi mahasiswa dalam mengidentifikasi potensi yang ada di desa untuk dikembangkan, dan permasalahan untuk dibantu proses penyelesaiannya. Hal ini juga meningkatkan rasa empati mahasiswa sehingga lebih peduli terhadap sesama, dan dapat membawa manfaat yang baik bagi bangsa dan negara.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)