KKN ITERA

""

               

Pemantauan Program Kerja: Monitoring dan Evaluasi KKN PPM ke 13 Diselenggarakan di Tanggamus


June 24th, 2024 | Posted by: kknmedia


ITERA melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Periode Ke 13 di Kabupaten Tanggamus.  Monev dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 20 Juni 2024 di 4 kecamatan yang berbeda yaitu Kecamatan Limau, Pematang Sawah, Kota Agung Barat dan Kota Agung Timur. Kegiatan monev ini dilakukan oleh oleh pengelola KKN bersama pimpinan ITERA, LPPM serta perwakilan Fakultas. Setiap kecamatan dikirimkan 1 tim yang terdiri dari 5-6 orang untuk melakukan kegiatan monev. Masing-masing tim dari kecamatan memantau 1-3 pekon yang dipilih secara acak untuk pelaksanaan monev.

Kecamatan Limau adalah kecamatan  yang dihadiri oleh Handoyo, S.Si., M.T., Jarwinda, S.Si., M.T.,  Resty Khairina Vevi M.P, S.Pd., Danty Astriyana, S.E., Agung Bayu Pamungkas, S.E., dan Rama Adi Putra, S.H. Tujuan pekon dari kecamatan ini adalah pekon Pariaman.  Kegiatan monev ini juga dihadiri oleh Kepala Pekon Pariaman Purwanto, Babinsa Setiya Budi, serta Mahasiswa/i Peserta KKN dari Itera dan satu Mahasiswa KKN Bilateral dari Universitas Bengkulu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program-program Mahasiswa/i serta mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa/i di lapangan.

Salah satu program kerja dari mahasiswa/i KKN PPM di pekon Pariaman adalah Web/dashboard terkait  tentang data dan profil Pekon yang saat ini belum ada di Pekon Pariaman seperti yang disampaikan oleh kepala pekon.  Perihal ini sudah mulai dijalankan oleh mahasiswa/i Peserta KKN Bilateral dari Universitas Bengkulu bersama mahasiswa/i Peserta KKN Itera hanya menunggu finalisasi konten. Setelah web/dashboard ini dibuat maka mahasiswa akan mendemonstrasikan kepada perangkat pekon sehingga setelah mahasiswa/i meninggalkan pekon maka ada perangkat pekon yang dapat melanjutkan untuk mengelola web tersebut. Selain program kerja tersebut, ada beberapa program kerja yang sudah/sedang dilaksanakan oleh Mahasiswa diantaranya edukasi fun games kepada siswa/i SD N 1 Pariaman, turut serta dalam pembagian BLT, senam rutin yang diikuti oleh warga serta ibu – ibu PKK, Sosialisai dan penggalian informasi kepada warga terkait permasalahan- permaslah di pekon, mengikuti yasinan rutin yang diadakan setiap Kamis malam oleh warga, dll.

Kecamatan yang dituju dari tim berbeda selanjutnya adalah kecamatan Pematang Sawah. Tim terdiri dari Dr. Muhamad Fatikul Arif, S.T.,M.Sc., Dr. Sena Maulana, S.Hut.,M.Si., uanda, S.E., M.M., Rizqi Wahyudi, S.TP., M.Sc., Harmiansyah, S.T., M.T., dan Aditya. Terdapat dua pekon yang dikunjungi yaitu Pekon Betung dan Pekon Guring. Pada masing-masing pekon dihadiri kepala pekon, aparat pekon dan mahasiswa/i  Kepala Pekon Betung pak Sabyan menyampaikan Pekon Betung untuk pemanfaatan hasil laut masih belum maksimal, masalah stunting masih terjadi di pekon, hubungan mahasiswa dengan warga dan perangkat pekon sangat baik dalam bersosialisasi. Mahasiswa KKN Itera melakukan berapa program kerja seperti pemanfaatan tempurung kelapa menjadi energi terbarukan yaitu briket, promosi UMKM pekon menggunakan berbagai platform media sosial, kepala pekon sangat mendorong kegiatan program kerja KKN yang dilaksanakan mahasiswa itera.  Harapan kedepannya mahasiswa/i KKN itera banyak memahami permasalahan yg terjadi di pekon. Pak Juanda dalam kegiatan monev ini menyampaikan Itera siap membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Pekon Betung melalui kegiatan PKM oleh prodi terkait yang sesuai. Inti kegiatan yang dilakukan dapat membantu masyarakat di Pekon Betung.

Monev di Pekon Guring yang dilaksanakan oleh pengelola KKN, kegiatan program kerja oleh mahasiswa berjalan dengan baik, seperti penanaman tanaman penahan air laut (mangrove), kegiatan di kecamatan maupun di balai pekon mahasiswa berkontribusi, mahasiswa KKN membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah yang ada di pekon untuk dijadikan souvenir. Kepala pekon berharap mahasiswa KKN dapat membantu dalam pembuatan peta batas wilayah pekon sebagai salah satu sumber informasi bagi masyarakat.  Pengelola menyampaikan ucapan terima kasih atas keramahan tuan rumah menerima mahasiswa KKN Itera dengan baik, mahasiswa KKN selama berada di pekon sangat baik dalam komunikasi dan koordinasi dengan warga. Masukan untuk KKN Itera terjadi keberlanjutan untuk memaksimalkan potensi SDA yang ada di pekon.

Kecamatan yang dituju dari tim berbeda selanjutnya adalah Kota Agung Barat. Tim yang melakukan monev adalah Dr. Rifky Fauzi, S.Si., M.Si., Kiki Yuli Handayani, M.Pharm.Sci, Muklas Rivai, S.Stat., M.Si., Elsie Tiara Pramesti, S.Pd., Septa, dan Hendri Kusuma Wijaya, S.T. Terdapat 3 pekon yang dikunjungi yaitu Pekon Belu, Pekon Kanyangan dan Pekon Negara Batin. Lokasi pertama  yang dituju adalah  Pekon Belu. Ketika tim datang ke lokasi, mahasiswa/i sedang berkegiatan bersama perangkat pekon. Sekretaris Pekon Belu, Bapak Prim Nath, SE menyampaikan bahwa hari ini dilaksanakan kegiatan pembagian Bantuan Sosial sekaligus sosialisasi pengenalan sampah oleh mahasiswa KKN. Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa KKN Itera aktif serta membaur bersama masyarakat pekon. Namun pada saat awal pengenalan ke masyarakat belum maksimal karena belum semua pedukuhan di datangi.

Lokasi kedua yang didatangi adalah pekon Kanyangan. Disana kami bertemu bapak Asnawan (Kaur Perencanaan Desa) serta perangkat pekon lainnya. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa KKN cukup beradaptasi dengan warga di pekon. Beberapa kegiatan sudah dijalankan dan ada juga yang akan dilaksanakan minggu depan. Brian selaku ketua kelompok serta tim menyampaikan kalau beberapa kegiatan masih belum dilaksanakan antara lain: pembuatan taman obat keluarga, lomba-lomba, peptisida nabati serta website pekon. Kendala yang dihadapi yaitu jadwal yang perlu disesuaikan dengan warga masyarakatnya. Lokasi selanjutnya adalah pekon Negara Batin. Moh. Ikhwan Zaki selaku ketua kelompok menyampaikan program-program KKN yang belum dijalankan antara lain: pembuatan briket, pembuatan pupuk cair serta edukasi ke sekolah dasar. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan KKN belum ada dan mereka cukup senang dengan program KKN ini.

Kecamatan yang dituju dari tim berbeda selanjutnya adalah Kota Agung Timur. Tim yang melakukan monev adalah Teny Sylvia, S.TP., M.Sc, Wilda Harlia Devita, S.TP.,M.Si., Dyah Putri Larassati, S.T.P.,M.T.P., Selvi Gustiana, S.Pd dan Akza Noprian.  Terdapat 3 pekon yang dikunjungi yaitu Pekon Talangrejo, Pekon Menggala dan Pekon Kagungan. Kunjungan pertama dilakukan di Pekon Talangrejo yang mendatangi langsung posko KKN yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa KKN. Berdasarkan pemaparan dari mahasiswa terdapat beberapa program yang masih berjalan seperti pojok baca untuk anak PAUD, digitalisasi pada UMKM opak singkong. Progja ini hadir karena permasalahan seperti banyaknya buku anak-anak yang belum terpakai dan UMKM opak singkong yang ingin mengembangkan produk ke depannya. Kegiatan ini masih perlu komunikasi dua arah dan penyelesaian luaran individu masing-masing.

Pekon selanjutnya adalah pekon Menggala. Sama seperti pekon sebelumnya, tim mengunjungi langsung ke posko KKN dan bertemu langsung ke seluruh mahasiswa peserta. Terdapat beberapa program kerja yang sedang berlangsung yaitu pembuatan website pekon, pembuatan dashboard data kesehatan 2019-2023 dari warga pekon dan membuat skema peta Tempat Pembuangan Sampah Sementara. Hal ini dilakukan karena berawal dari permasalahan pekon yaitu belum terdapat website, belum ada tempat pembuangan sampah dan masyarakat masih membakar sampah yang ada serta data kesehatan warga yang masih menggunakan pencatatan manual sehingga data belum terekap dengan baik. Pekon terakhir yang dikunjungi yaitu Pekon Kagungan. Mahasiswa peserta KKN menyampaikan bahwa mereka sedang melakukan pogram kerja yaitu digitalisasi UMKM Emping Melinjo, membuat dashboard tentang UMKM dan sosialisasi pembuatan briket dan MOL. Disampaikan oleh ketua kelompok bahwa pembuatan briket dan MOL ini disambut antusias oleh seluruh warga sehingga terdapat permintaan dari masyarakat untuk melakukan di dusun yang berbeda. Ibu Teny Sylvia menyampaikan pada seluruh tim dari tiga pekon yang ada untuk selalu menjaga nama baik kampus dan selalu menjaga komunikasi yang baik dengan Dosen Pembimbing Lapang untuk dilakukannya monitoring.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)