KKN ITERA

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Profil KKN

Perguruan tinggi  memiliki kewajiban dalam bentuk Tridharma Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat seperti yang disebutakn dalam UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9. Dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) merupakan salah satu bentuk dari pengabdian kepada masyarakat dari InstitutTeknologi Sumatera. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa dan civitas akademik melalui kegiatan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Keterlibatan mahasiswa tidak hanya menjadi kesempatan untuk belajar dari masyarakat namun juga dapat memberi pengaruh positif dan aktif dalam pengembangan masyarakat sehingga memberikan warna baru dalam pembangunan masyarakat. Program KKN dapat menjadi sarana untuk mentrasfer ilmu dan teknologi kepada masyarakat terutama di daerah pedesaan. KKN ini diharapkan dapat mendorong pemberdayaan masyarakat pedesaan untuk membangun desanya.

Penyelenggaraan KKN seyogianya dapat menjangkau tiga sasaran utama. Pertama, sebagai wahana pembelajaran bagi para mahasiswa (peserta KKN) untuk mengaplikasikan berbagai teori yang dienyam selama menempuh kegiatan perkuliahan yang sesuai dengan disiplin ilmu (personality empowerment). Kedua, KKN dapat memberikan nilai tambah dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat (community empowerment)). Ketiga, KKN merupakan media untuk membangun kemitraan antara lembaga perguruan tinggi yang bersangkutan dengan masyarakat (institutional empowerment), termasuk di dalamnya sebagai upaya untuk membangun citra bagi perguruan tinggi yang bersangkutan.

Pelaksanaan KKN Institut Teknologi Sumatera dilaksanakan setiap akhir semester dan kegiatan perdana KKN berlangsung pada bulan Juli 2018. Selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa ITERA, KKN juga merupakan salah satu syarat kelulusan Sarjana bagi seluruh mahasiswa ITERA. Pelaksanaan KKN ITERA juga diharapkan menjadi wadah pembekalan mahasiswa ITERA untuk berkontribusi kepada masyarakat dalam hal pengembangan dan pembangunan masyarakat sebelum mereka dikembalikan nantinya ke masyarakat setelah lulus kuliah..

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)