KKN ITERA

""

               

Program Mahasiswa KKN ITERA Terarah, Desa Rata Agung Tingkatkan Branding Melalui Media Sosial


September 20th, 2023 | Posted by: Akza Noprian


Delapan mahasiswa ITERA berkontribusi dalam agenda KKN bertempat di Desa Rata Agung, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat. Salah satu program yang dijalankan adalah Pembuatan dan Pemanfaatan Pestisida Nabati Ekstrak Daun Pepaya dalam menghambat hama tanaman. Program kerja ini bertujuan agar masyarakat terutama kelompok tani dapat mengurangi adanya penggunaan pestisida kimia secara berlebih dan dapat membantu petani untuk mengurangi hama pada tanaman. Pelaksanaan program kerja ini diikuti oleh masyarakat dan aparat desa dengan luaran berupa produk, video tutorial, dan poster.

pembuatan pestisida dari bahan daun pepaya sangat inovatif dan ekonomis bagi petani, hal ini mungkin bisa menanggulangi permasalahan harga pestisida yang mahal di pasar

ujar Riswandi.

Salah satu permasalahan Desa Rata Agung adalah mengenai permasalahan pembuangan sampah secara sembarangan seperti di lahan kosong, badan air, dan di pinggir jalan. Menanggapi hal tersebut, salah satu mahasiswi program studi Teknik Lingkungan, Novita Adelina melakukan program pembelajaran terkait permasalahan sampah ini. Solusi yang ditawarkan pada kegiatan pembelajaran ini dengan melaksanakan praktik pembuatan pupuk kompos sebagai upaya daur ulang limbah organik rumah tangga kepada masyarakat desa Rata Agung. Selain itu, mahasiswa program studi Teknik Sipil merancang perbaikan kembali jalan ke pemangku 5 di Desa Rata Agung, peta administrasi desa, rancangan tugu, rancangan lapangan voli dan futsal yang dibuat atas dasar permintaan dari kepala pekon (Peratin).

Terimakasih atas ilmu yang telah adik-adik berikan kepada desa ini. Kalian menyelesaikan semua program kerja tepat waktu. Semoga ilmu yang telah kalian berikan dapat bermanfaat. Kami warga desa Rata Agung telah kami anggap sebagai keluarga kami

ucap Wirdana sebagai kepala Desa Rata Agung.

Kegiatan pembelajaran bersama siswa-siswi SDN 116 Krui terkait pengenalan biopori juga dilakukan atas dasar peningkatan wilayah serapan air dan pengenalan kereta api yang menjadi fokus permasalahan di masa depan. Di sisi lain, karya Imam Paisal, mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) program studi Ilmu Komunikasi, juga membuat video profil desa beserta akun platform Instagram Desa Rata Agung. Dalam media sosial tersebut, disampaikan proses penyampaian informasi terkait cara menggunakan sosial media tersebut seperti cara mengupload video atau foto. Dengan adanya pembuatan video profil dan akun media Instagram Desa Rata Agung, maka tentunya ini akan menjadi sebuah branding awal dari desa ke wisatawan luar agar desa tersebut dapat dikenal oleh dunia luar dengan keindahan dan kekayaan yang ada.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)