KKN ITERA

""

               

Tim KKN Tematik ITERA Ikut Serta Dalam Menyukseskan Perlombaan Lintas Alam Wisata Nasional (LAWNAS) Geopark Equator Pasaman


January 5th, 2024 | Posted by: Akza Noprian


Perlombaan Lintas Alam Wisata Nasional (LAWNas) merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Geopark Equator Pasaman dengan didukung Pemerintah Kabupaten Pasaman. Kegiatan ini digelar pada tanggal 30 Desember 2023 dan 31 Desember 2023. Lomba ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari provinsi Sumatera Barat provinsi Lampung, dan provinsi lainnya di Indonesia.

Tim KKN Tematik ITERA juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan LAWnas yang digelar oleh Badan Pengelola Geopark Equator Pasaman. ITERA mengirimkan satu tim yang terdiri atas lima personil dari Prodi Teknik Geologi, yaitu Fibrianto Taruna Putra, David Kurniawan, Alfa Joy Lamsihar, Abdul Latif M., dan Fatih Rasyid.

Lomba ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 30 Desember 2023 dan 31 Desember 2023. Pada hari pertama, peserta start dari Kota Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Peserta harus menempuh jarak sekitar 20 kilometer melalui berbagai medan, mulai dari jalan beraspal, jalan berbatu, hingga melintasi hutan. Sedangkan pada hari kedua, peserta melanjutkan perjalanan menempuh jarak sekitar 25 kilometer kembali, melalui sungai, hutan, hingga bukit serta melintasi patahan Sumatera dan geosite Pemandian air panas.

Salah satu Tim KKN tematik ITERA, Alfa Joy Lamsihar menyatakan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan LAWNas terkait rute/jalur dan medan yang dipilih sangat bagus dan menantang sekali bagi kami pemula,

Lomba ini sangat menantang, baik secara fisik maupun mental. Medan yang dilalui sangat beragam dan cuaca juga tidak menentu. Namun, para peserta sangat antusias mengikuti lomba ini.

Partisipasi Tim KKN Tematik ITERA merupakan salah satu program kerja yang dilakukan dalam rangka mendukung perkembangan Geopark Equator Pasaman. Keindahan alam daerah geosite yang menjadi andalan dari Geopark Pasaman dapat dinikmati dengan berbagai macam kegiatan, salah satunya dengan mengadakan LAWNas. Jajaran perbukitan, lembah sungai dan fenomena geologis daerah Pasaman dapat teramati dengan mengikuti perlombaan ini. Menurut Sekretaris Badan Pengelola Geopark Equator Pasaman, Ahmad Fadhly, lomba ini bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam Pasaman dan berharap lomba ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan persaudaraan antar pemuda dari berbagai daerah di Indonesia yang dikemas oleh Badan Pengelola Geopark Equator.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)